Tuesday, May 28, 2013

Seorang Pria akan Memenuhi Janji Pernikahannya

Ditulis oleh Yi Ming   

Till we grow old and grey...
Till we grow old and grey...
Seorang pria sempurna dapat menahan segala godaan, seperti ketenaran, kekayaan dan wanita idaman lain dan menjaga dirinya tetap lurus. Berikut ini adalah dua cerita sejarah bagaimana kepribadian mereka menunjukkan karakter-karakter mereka yang berharga.
Kaisar pendiri Dinasti Han Timur Liu Xiu ingin mencari seorang pria yang pantas untuk adik perempuannya yang cantik, namun  yang menjanda, Puteri Hu Yang. Beliau bertanya kepada Puteri Hu Yang siapa kira kira yang dapat menjadi kandidat suaminya. “Song Hong memiliki sifat baik dan penampilan yang unggul.” Liu Xiu tahu bahwa ini akan menjadi hal yang sulit karena Song Hong telah menikah dan juga adalah seorang yang berbudi baik. Tetapi Kaisar telah berjanji kepada saudara perempuannya untuk membantu, sehingga beliau harus mencobanya.
Kaisar kemudian memanggil Song Hong ke istana dan meminta Puteri Hu Yang duduk di belakang layar – untuk mendengar pembicaraannya dengan Song.
Liu Xiu bertanya kepada Song secara lembut dan tenang,”Saya mendengar bahwa ketika seseorang telah menjadi kaya, orang tersebut dapat memiliki teman yang banyak dan juga dapat mengganti istri yang lama dengan istri yang baru. Apakah ini benar bagi rakyat biasa?”

Song Hong tidak ragu-ragu untuk menjawab,”Yang Mulia, saya mendengar bahwa seseorang tidak akan membuang teman temannya ketika menghadapi kemiskinan dan juga tidak akan mengganti istri seseorang ketika sedang kelaparan.”
Setelah mendengar jawaban Song Hong, Kaisar Liu Xiu tahu apa yang dipikirkan oleh Song Hong dan kemudian berbisik kepada adik perempuannya,”Saya berpikir tidak akan ada pernikahan antara kamu dan Song Hong.”
Cerita yang sama pada era yang berbeda:
Perdana Menteri Qi Yan Zi sedang mengadakan pesta di rumahnya untuk Raja Qi, Jing Gong.

Qi Jing melihat isteri Yan Zi dan bertanya,”Apakah dia isterimu?”
Yan Zi menjawab,”Ya.”
till we grow old and grey...
till we grow old and grey..

Qi Jing Gong kemudian berkata,”Isterimu jelek dan tua. Marilah. Saya memiliki anak perempuan yang manis. Saya akan menikahkannya denganmu. Bagaimana menurutmu?”
Yan Zi berdiri dari tempat duduknya dan menolaknya secara hormat,”Istri saya telah mendampingi saya selama berpuluh-puluh tahun. Dia mungkin telah tua dan jelek, tetapi sebelumnya dia sangat manis dan juga muda. Dia mempercayai saya dengan hidupnya, dan saya telah berjanji kepadanya untuk menjaganya sampai kita dipisahkan oleh maut. Saya menghargai budi baik Yang Mulia, tetapi saya tidak dapat menerimanya. Jika saya menerimanya, saya telah menghianati janji saya kepada isteri saya.”
Isteri seorang pria adalah pasangan hidup yang bersama-sama menghadapi tahun tahun yang penuh penderitaan dan kesederhanaan, sehingga seorang pria tidak akan menggantikannya untuk mendapatkan isteri yang lebih muda atau lebih cantik. Untuk bertanggung jawab kepada pasangan hidupnya, tidak mengabaikannya, baik dalam masa susah atau senang, adalah sebuah prinsip pernikahan yang sangat mulia.

1 comment:

  1. El Yucateco Salsa Picante de Chile Habanero 4 fl oz - Mapyro
    Shop for El Yucateco Salsa Picante de Chile Habanero 양주 출장마사지 4 fl oz 부산광역 출장마사지 (120ml) at Mapyro. Find quality international products to add to your Shopping List 수원 출장안마 or order 충청북도 출장샵 online Protein: 충주 출장안마 0gSodium: 95mg

    ReplyDelete