Saturday, May 18, 2013

Syarat Menjadi Marketing

 2 poin yang penting yang menjadi dasar sebagai seorang marketing :


  1. Penampilan yang menarik. Anda tidak harus punya wajah ganteng atau cantik, tapi dengan menata cara berpakaian dan dandanan yang pas dan pantas. Anda akan mendapatkan diri anda menarik. Ini penting agar konsumen tidak enggan berlama-lama dengan Anda.


2. Cara penyampaian produk/jasa dengan pemilihan bahasa dan kata-kata yang mudah dimengerti. Sehingga konsumen bisa menangkap maksud dari pembicaraan Anda. Apabila konsumen merasa nyambung dengan anda, maka langkah Anda selanjutnya akan semakin ringan. 


Kedua poin diatas adalah modal awal Anda untuk mendapatkan kepercayaan dari konsumen agar mau membeli produk/jasa yang Anda Tawarkan.


Dalam tulisan ini, saya ingin berbagi lebih jauh tentang apa yang harus dimiliki seorang marketing selain dari penampilan yang menarik dan bahasa yang digunakan. Ada hal-hal pokok yang tentunya juga berpengaruh terhadap pendapat konsumen tentang kita (marketing) dan produk/jasa yang kita tawarkan. Hal pokok yang paling utama yang harus dikuasai oleh seorang marketing adalah :

Pengetahuan tentang produk/jasa yang kita jual (Product Knowledge). Pengetahuan ini adalah mutlak, sebab tidak semua konsumen hanya mementingkan masalah harga dan mereka percaya begitu saja dengan produk yang kita jual meski yang kita tawarkan adalah merk terkenal.  

Selalu ada calon konsumen yang benar-benar ingin mengetahui tentang produk kita secara detail. Tentang konsep,tema,keunggulan,garansi,fungsi,spesifikasi dan hal-hal lain yang sering bagi seorang marketing dianggap sepele dan tidak terlalu penting untuk dikuasai. Padahal pengetahuan akan produk inilah yang membuat kita berbeda dari marketing yang lain. Pemahaman detail terhadap produk yang kita tawarkan adalah senjata yang sangat ampuh untuk meyakinkan konsumen bahwa barang yang kita tawarkan berkualitas baik dan pas bagi kebutuhan mereka. Yang perlu diingat adalah semua calon konsumen selalu ingin yang terbaik bagi mereka dan berfungsi seperti apa yang mereka harapkan.  


Bagaimana kita akan memberikan penjelasan yang pas bagi calon konsumen k
ita jika kita tidak menguasai secara benar tentang produk yang kita tawarkan?. Terkadang mereka ( calon konsumen ) ingin agar kita memberikan saran pada mereka untuk menentukan produk mana yang pas untuk memenuhi kebutuhan mereka. Dengan didasari pengetahuan produk yang mumpuni. Kita akan dengan mudah memberikan solusi bagi mereka, tentu saja dengan argument yang sesuai dengan tujuan konsumen yang ingin mereka capai. Penjelasan yang sedikit detail aja, akan berpengaruh positif terhadap ketertarikan konsumen akan produk kita. Apalagi jika kita bisa memberikan penjelasan yang lebih detail mengapa produk yang kita tawarkan adalah produk yang pas bagi kebutuhan mereka saat ini. Tapi sebaliknya, calon konsumen kita akan lari dan berpaling dari kita jika Anda tidak mampu memberikan gambaran/penjelasan yang baik tentang produk Anda. Sebab hal ini akan menjadikan mereka menjadi ragu pada produk yang kita tawarkan dan yang rugi adalah kita dan perusahaan karena calon konsumen kita akan lari pada kompetittor yang mungkin saja bisa memberikan penjelasan yang lebih baik daripada kita meski sebenarnya produk kita lebih baik dari mereka berdasar dari kualitas bukan merk. 

Kembali lagi ke poin awal, gunakanlah bahasa yang sederhana atau bahasa yang kita gunakan disesuaikan dengan tingkat pendidikan dan pemahaman calon konsumen kita. Hal ini perlu ditunjang dengan skill (keahlian ) seorang marketing dalam membaca siapa calon konsumen yang kita hadapi. Untuk hal ini kita lanjutkan pada tulisan saya selanjutnya. 
Semoga hal ini bermanfaat bagi kita semua sebagai pembelajaran, terutama bagi diri saya sendiri yang masih harus banyak belajar untuk menjadi seorang marketing. 
 

1 comment: