Sunday, March 18, 2012

Kekuatan Merek

Bacaan: I Korintus 4:1-5

Yang akhirnya dituntut dari pelayan-pelayan yang demikian ialah, bahwa mereka ternyata dapat dipercayai.- I Korintus 4:2

Cukup mengherankan melihat fakta bahwa kegiatan marketing on-line di Indonesia tak bisa berjalan cepat seperti halnya di Amerika Serikat maupun di negara-negara Eropa. Ada banyak faktor yang menyebabkan hal ini terjadi, namun penyebab utamanya adalah rendahnya tingkat kepercayaan konsumen terhadap sebuah produk yang belum punya ekuitas merk yang kuat. Konsumen di negara kita jarang mau membeli barang hanya lewat katalog, kita sudah terbiasa membeli sebuah barang dengan melihat barangnya, mencobanya, dan mendengar pendapat umum tentang barang tersebut lebih dulu.
Dengan budaya pemasaran seperti ini, tentu saja merk memegang peranan yang sangat penting untuk mendongkrak penjualan. Itu sebabnya keliru besar jika mengganggap merk hanya sekedar penanda sebuah produk saja. Merk jelas lebih daripada itu, merk akan mewakili perusahaan Anda. Tak ada yang bisa main-main dengan merk. Sedikit saja kita buat kekeliruan dengan membiarkan kualitas dan mutu mulai menurun, maka merk kita juga akan semakin lemah di benak konsumen, dan itu berarti ancaman bagi perusahaan kita! Sebaliknya, jika kita terus meningkatkan mutu dan kualitas, maka ekuitas merk akan menguat, dan itu berarti perusahaan kita akan setahap lebih maju.
Lihatlah merk yang sudah tertanam di benak konsumen. Jika ingin membeli sebuah ponsel, mereka langsung ingat Nokia. Jika ingin membeli sebuah notebook, mereka langsung ingat Toshiba. Jika ingin membeli motor yang irit, mereka langsung cari Honda. Itulah kekuatan sebuah merk. Sayangnya banyak pelaku bisnis kurang menghargai kekuatan sebuah merk sehingga mereka tidak konsisten dengan kualitas yang harus dijaga, berpikir sempit dengan meraih keuntungan yang sebesar-besarnya walau itu harus mengikis kekuatan merknya, atau bahkan hanya ingin meraih keuntungan sesaat dalam jumlah besar tanpa berpikir kelangsungan produknya dalam jangka panjang. Jika Anda seorang pengusaha, milikilah merk yang bisa dipercaya. Kalau Anda seorang profesional, jadilah orang yang bisa dipercaya.
Kekuatan merk kita akan menentukkan kesuksesan kita.

sumber : http://www.renungan-spirit.com/kiat-sukses/kekuatan_merk.html

No comments:

Post a Comment