Bacaan: I Korintus 4:1-5
Yang akhirnya dituntut dari pelayan-pelayan yang demikian ialah, bahwa mereka ternyata dapat dipercayai.- I Korintus 4:2
Cukup
mengherankan melihat fakta bahwa kegiatan marketing on-line di
Indonesia tak bisa berjalan cepat seperti halnya di Amerika Serikat
maupun di negara-negara Eropa. Ada banyak faktor yang menyebabkan hal
ini terjadi, namun penyebab utamanya adalah rendahnya tingkat
kepercayaan konsumen terhadap sebuah produk yang belum punya ekuitas
merk yang kuat. Konsumen di negara kita jarang mau membeli barang
hanya lewat katalog, kita sudah terbiasa membeli sebuah barang dengan
melihat barangnya, mencobanya, dan mendengar pendapat umum tentang
barang tersebut lebih dulu.
Dengan budaya pemasaran seperti
ini, tentu saja merk memegang peranan yang sangat penting untuk
mendongkrak penjualan. Itu sebabnya keliru besar jika mengganggap
merk hanya sekedar penanda sebuah produk saja. Merk jelas lebih daripada
itu, merk akan mewakili perusahaan Anda. Tak ada yang bisa main-main
dengan merk. Sedikit saja kita buat kekeliruan dengan membiarkan
kualitas dan mutu mulai menurun, maka merk kita juga akan semakin
lemah di benak konsumen, dan itu berarti ancaman bagi perusahaan
kita! Sebaliknya, jika kita terus meningkatkan mutu dan kualitas,
maka ekuitas merk akan menguat, dan itu berarti perusahaan kita akan
setahap lebih maju.
Lihatlah merk yang sudah tertanam di benak
konsumen. Jika ingin membeli sebuah ponsel, mereka langsung ingat
Nokia. Jika ingin membeli sebuah notebook, mereka langsung ingat
Toshiba. Jika ingin membeli motor yang irit, mereka langsung cari
Honda. Itulah kekuatan sebuah merk. Sayangnya banyak pelaku bisnis
kurang menghargai kekuatan sebuah merk sehingga mereka tidak
konsisten dengan kualitas yang harus dijaga, berpikir sempit dengan
meraih keuntungan yang sebesar-besarnya walau itu harus mengikis
kekuatan merknya, atau bahkan hanya ingin meraih keuntungan sesaat
dalam jumlah besar tanpa berpikir kelangsungan produknya dalam jangka
panjang. Jika Anda seorang pengusaha, milikilah merk yang bisa
dipercaya. Kalau Anda seorang profesional, jadilah orang yang bisa
dipercaya.
Kekuatan merk kita akan menentukkan kesuksesan kita.
sumber : http://www.renungan-spirit.com/kiat-sukses/kekuatan_merk.html
No comments:
Post a Comment